APA AJA YANG SAYA SUKA^_^;v

Kebumen : The Java Natural Tourism Spot- Geotourism Karangsambung- Beaches and Caves- Friendly Peoples- Central Java,Indonesia

Kamis, 23 Juni 2011

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Kurang lebih 18 km ke arah selatan kota Gombong.

Pantai ini merupakan serial terakhir dari rangkaian pantai-pantai dengan batu karang dan bukit curam yang ada di Kebumen. Nama Karang Bolong berasal dari kata Karang dan Bolong. Karang berarti batu karang, dan Bolong berarti berlubang. Karang Bolong berarti batu karang yang berlubang.




Yap, hampir sama dengan Pantai Menganti dan Pantai Srati, Pantai Karang Bolong juga dikelilingi oleh bukit-bukit karang. Tapi di bagian tengahnya anda akan disuguhi pantai yang landai dan cukup luas, mirip Pantai Logending, tapi lebih Sempit.


Selain hamparan pasir yang landai ini, anda juga dapat menikmati padang rumput yang lumayan luas. Jika berkunjung ke pantai ini bersama teman-teman saya, kami biasanya duduk santai di hamparan rumput yang di sela pohon kelapa ini sambil bermain dan ngobrol ngalor-ngidul/chit-chat.




 
Pantai ini sangat terkenal dengan sarang burung lawetnya. Sarang burung lawet ini dihasilkan oleh burung lawet yang menjadi ikon kota Kebumen. Sarang-sarang ini dihasilkan burung lawet yang menghuni gua-gua yang terdapat di sekitar pantai Karang Bolong ini. Hal ini sekaligus menjadi keunikan dan ciri khas Pantai Karang Bolong yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di Kabupaten Kebumen.


 
Terdapat 3 ( tiga ) gua dimana burung lawet tinggal yaitu Gua Pasir, Gua Karangduwur dan Gua Karang Bolong.  Di gua ini terdapat diorama pengunduhan sarang burung lawet. Diorama ini menggambarkan bagaimana masyarakat memanen sarang burung yang berada di dinding gua yang tinggi. Sarang burung lawet memiliki manfaat yang sangat banyak, dapat digunakan untuk campuran makanan maupun obat.







Bagian Tengah yang landai

Prosesi pengunduhan sarang burung lawet didahului dengan upacara selamatan Pengunduhan ini dilakukan 4 kali dalam setahun. Berdasarkan kalender Jawa/Islam/Hijriyah pada bulan ke 2, 4, 7, dan  9. Ya kira-kira sebulan setelah perayaan 1 Suro atau Tahun baru Hijriyah.









View Krg. Bolong dari kapal di Muara Sungai Banda

Dibagian timur pantai ini, terdapat sebuah karang yang menjorok ke laut. Diatas karang ini terdapat semacam gazebo atau tempat bersantai. Sementara di sebelah timur tempat ini, anda dapat melihat Muara Suangai Banda, yang membatasi Pantai Karang Bolong dengan Pantai Suwuk. Ya, Pantai Suwuk yang sangat landai.




Pantai Kecil di Karang Bolong

Nah disebelah Utara, kita akan menemui sebuah Batu Karang yang berlubang, itulah yang menjadi ciri khas Pantai Karang Bolong. Pada saat surut, kita dapat menemui sebuah pantai kecil yang asri, kadang kita bisa naik kapal nelayan lewat pantai ini. Namun,  saat pasang kita hanya akan melihat sebuah lubang karang yang dihantam oleh ombak ^_^;


Just another view...

Asik Berenang di Muara Sungai Banda

Naik Perahu Nelayan di Muara Sungai

Oia, di Pantai Karang Bolong ini, anda dapat menyewa perahu nelayan untuk berkeliling menikmati dua wajah pantai yang berbeda, yaitu Pantai Suwuk dan Pantai Karang Bolong sendiri dengan keindahan dan pesona mereka masing-masing.






Di obyek wisata ini telah tersedia tempat parkir yang memadai, warung makan, penginapan dan sarana pendukung lain seperti Musholla dan toilet. Pokoknya secara fasilitas, Pantai Karang Bolong tidak jauh berbeda dengan Pantai Suwuk, namanya juga tetangga ^_^;
Silahkan berkunjung dan selamat menikmati...

Source :

Galleri
Other side of Karang Bolong Beach, Kebumen, Central Java

Idunk Omang got hurt...

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar