APA AJA YANG SAYA SUKA^_^;v

Kebumen : The Java Natural Tourism Spot- Geotourism Karangsambung- Beaches and Caves- Friendly Peoples- Central Java,Indonesia

Jumat, 17 Juni 2011

Kabupaten Kebumen


Kondisi Geografis

Lihat Peta Lebih Besar

Secara geografis Kabupaten Kebumen terletak pada 7°27' - 7°50' Lintang Selatan dan 109°22' - 109°50' Bujur Timur. Kebumen sendiri terletak + 500 km arah tenggara Jakarta, + 100 km arah barat dari Yogyakarta, dan + 175 km barat daya dari Semarang.
Bagian selatan Kabupaten Kebumen merupakan dataran rendah, yang sebagian besar berupa lahan pertanian seperti sawah dan tegalan. Sedangkan pada bagian utara berupa pegunungan, yang merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Serayu. Di pegunungan ini terdapat maha karya alam yang luar biasa yang tepatnya ada di daerah Karang Sambung. Di selatan daerah Gombong, juga terdapat rangkaian pegunungan kapur, yang membujur hingga pantai selatan. Daerah ini terdapat sejumlah gua dengan stalagtit dan stalagmit.

Transportasi

Kebumen berada di jalur lintas selatan Pulau Jawa. Karena masih terbatasnya akses ke kota ini, angkutan umum antarkota baru dilayani oleh bus dan kereta api.
Dengan Bus, Kebumen dapat dengan mudah dicapai dari berbagai kota besar yang ada di sekitarnya seperti Yogyakarta, Semarang, Cilacap, Purwokerto, Bandung, dan Jakarta. Tersedia banyak sekali bus yang melayani trayek menuju kota Kebumen ini.
Sementara dengan kereta api, Kebumen pun dapat dengan mudah dicapai. Misal kita datang dari Jakarta, Bandung, Cirebon, Cilacap, Yogyakarta dan sekitarnya, kita dapat menggunakan kereta api seperti Senja Utama dan Fajar Utama (Jakarta Pasar Senen-Yogyakarta), Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng), Bima (Jakarta Kota-Surabaya Gubeng), Logawa (Purwokerto-Jember), dan Kutojaya (Kutoarjo-Jakarta). Hampir seluruh kereta ini berhenti di Stasiun Kebumen yang merupakan stasiun terbesar yang ada di kota ini. Kecuali Prambanan Ekspres (Pramex) yang hanya singgah di Stasiun Kutoarjo dan hanya melayani jalur Kutoarjo-Yogyakarta-Solo(akan melayani hingga Purwokerto-Yogya-Solo setelah doubletrack rampung). Anda bisa melanjutkan perjalanan dari Kutoarjo dengan minibus ke arah Kebumen.  Di samping stasiun yang disebutkan tadi, terdapat beberapa stasiun kecil lainnya seperti Prembun, Karanganyar, Soka, Kutowinangun, dan Gombong.

Pariwisata

Sektor pariwisata yang ada di Kebumen di dominasi oleh sektor wisata alam dan ditunjang dengan sektor pariwisata yang lain seperti wisata sejarah dan religi.

Wisata Alam
Kebumen kaya akan potensi wisata alam yang sangat menarik, terutama goa dan pantainya. Goa di Kabupaten Kebumen kebanyakan terbentuk di bukit-bukit kapur/ karst. Sedangkan pantai di Kebumen terkenal sangat indah dan sangat beragam konturnya, mulai dari pantai yang landai hingga pantai yang sangat curam dan dihiasi batuan karang tegar diantara deburan ombak ganas pantai selatan.
·         Pantai Logending
·         Pantai Menganti
·         Pantai Srati
·         Pantai Karang Bolong
·         Pantai Suwuk
·         Pantai Ambal
·         Pantai Brecong
·         Pantai Petanahan
·         Pantai Pasir
·         Goa Jatijajar
·         Goa Petruk
·         Pemandian Air Panas Krakal
·         Museum Geologi Karangsambung
·         Arum Jeram Pedegolan
Wisata Lain
Tempat wisata lain yang juga menarik untuk dikunjungi di Kebumen adalah berupa wisata sejarah dan arsitektur. Beberapa tempat wisata tersebut antara lain adalah
·         Waduk Serbaguna Sempor
·         Waduk Wadas Lintang
·         Benteng Van Der Wijck
 

Hotel dan Penginapan

Jika anda ingin berkunjung ke tempat-tempat pariwisata di Kebumen, waktu satu hari tidaklah cukup. Saya sangat menyarankan anda mengunjungi setiap pantai yang saya sebutkan diatas satu persatu. Percayalah, anda akan disuguhi pemandangan dan pengalaman yang berbeda ditiap pantainya. Pantai-pantai yang saya sebutkan diatas memiliki Fasilitas, Kontur dan Tantangan yang berbeda-beda untuk mencapainya. Untuk masalah hotel dan fasilitas lainnya, anda tidak perlu khawatir, di Kebumen anda dapat memilih berbagai PILIHAN HOTEL yang tersedia. 

Kuliner

Makanan khas di Kabupaten Kebumen yang sayang jika anda lewatkan antara lain
Makanan diatas mungkin akan sedikit sulit untuk anda temui di restoran-restoran maupun hotel. kadang anda harus membeli di warung-warung pinggir jalan ataupun pasar tradisional. Hanya Sate Ambal, Lanthing dan Sale Pisang yang relatif mudah ditemui.Sate Ambal akan mudah anda temui di daerah Pusat Kota Kebumen, Distrik Ambal dan Distrik Kutowinangun. Sale pisang hampir disediakan di setiap toko makanan dan pasar tradisional, begitu juga Lanthing :)
    Kondisi Sosial Masyarakat
    Masyarakat kebumen didominasi oleh orang-orang Jawa yang sudah sangat terkenal akan keramahan dan kelembutannya kepada pendatang. Setelah orang-orang Jawa, masyarakat dari suku bangsa lain seperti China, Sunda dan lain sebagainya juga tak kalah ramah menyambut anda di kota ini. Karena itu, jika anda berkunjung ke Kebumen, jangan sungkan bertanya kepada orang yang anda temui di jalan. Dijamin anda akan mendapat sambutan yang sangat ramah. Penduduk Kota Kebumen sebagian besar beragama Islam, sebagian yang lain memeluk kepercayaan lain.
    Di pusat Kota Kebumen, sering diadakan acara-acara semacam Expo dan Pameran yang memperkenalkan berbagai macam hasil produksi masyarakat Kebumen. Di Pameran ini, jika anda beruntung anda dapat menemui semua jenis makanan khas dan produk-produk asli Kota Kebumen.Pameran biasanya dilaksanakan di sekitar alun-alun Kota Kebumen. Alun-alun Kota Kebumen biasanya ramai dengan aktivitas warga setiap akhir pekan.

    Masyarakat bekerja sebagai PNS, Nelayan, Pedagang, dan lain sebagainya. Namun kebanyakan masyarakat bekerja di sektor Pertanian. Hampir seluruh wilayah Kebumen adalah daerah pertanian yang subur. selain pertanian, masyarakat juga banyak yang bekerja di sektor perdagangan. Salah satu daerah perdagangan yang terkenal adalah daerah Kecamatan Gombong.

    Source : from many source, Please click the link to find out the sources of this article.
    Please notify me when you need translate this articles in english.

    5 komentar:

    1. Suka banget sama posting ini :)
      bikin aku tambah kangen sma kota kebumen, hehe
      eh aku mau tanya, nama slah satu pantai dikebumen itu brecong apa bocor sih?

      BalasHapus
    2. HAhahaha...
      Terima kasih bangeet Nung...
      #mabur nih gara2 kamu, hahahhaa...

      Kalau kangen main rak wes kesini, ntar ke rumahq sekalian :P

      Ohh, iya tuwh Nung, itu pante yang baru2 ini rame banget masuk koran2 gara2 kerusuhan tuh, hehehehe...
      Itu emang satu Pantai, tapi panggilannya macem2 tuh, ada Pantai Brecong, Pantai Bocor and ada juga yang bilang Pantai Setrojenar :D
      Meh main kesana po yuwk? ^^;v

      BalasHapus
    3. mabur kemana tuh? ckck
      iya mw maen kesana tp sllu ada kendala :D
      oh g2 ya, aku taunya pantai bocor, udah pernah kesana bulan february kemaren, hehe

      BalasHapus
    4. ke Mana ya?
      hahhahha....
      Iya, sama aja siy sebenernya, cuma orang2 nyebutnya beda2 gitu...
      Waah, kamu sempet foto2 disitu gag Nung??

      BalasHapus
    5. kemana hayo? lah skrg km dimana bal? semarang apa kebumen? aku sempet foto disna, itu ada dipostinganku yg 31 maret, potonya cm stu, hehe

      BalasHapus