APA AJA YANG SAYA SUKA^_^;v

Kebumen : The Java Natural Tourism Spot- Geotourism Karangsambung- Beaches and Caves- Friendly Peoples- Central Java,Indonesia

Sabtu, 18 Juni 2011

Pantai Logending alias Pantai Ayah

Pantai Logending dari jauh
 Pantai logending juga dikenal dengan sebutan Pantai Ayah. Hal yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain di Kebumen adalah perpaduan pemandangan dan fasilitas pendukung yang hampir semuanya lengkap, walaupun jaraknya lumayan berjauhan.
Karang untuk Memancing

Selain itu, obyek wisata ini juga terkenal karena memadukan berbagai bentuk wisata. Diantara wisata bahari berupa pantai, wisata hutan berupa Hutan Wisata Logending, wisata sejarah berupa peninggalan perang, dan wisata anak berupa aneka macam permainan yang tersedia.

Selain itu fasilitas yang lengkap memberikan peluang bagi wisatawan untuk mendapatkan nilai lebih dari pantai ini, check it out...

Pantai yang berjarak sekitar 6 km dari obyek wisata Gua Jatijajar ini, memiliki pemandangan alam yang indah dengan air yang jernih, serta hamparan pasir yang luas dan landai.
Hamparan Landai yang Luas

Hamparan Pantai yang Landai



Dengan kondisi pantai yang landai pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan dengan santai. Tempat landai yang luas, juga dapat kita manfaatkan untuk bermain sepak bola, voli pantai, maupun duduk bersantai di atas pasir.
Saat Sunset

Jika kita berjalan-jalan di sekitar pantai ini, kita akan disuguhi keindahan muara sungai Bodo. Sungai ini memisahkan wilayah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.


Perbedaan muara sungai ini dengan muara sungai yang ada di Pantai Srati adalah bahwa Muara Sungai ini sangat besar. Jadi jika wisatawan ingin menikmati pemandangan sungai ini wisatawan harus menggunakan perahu.


Wisatawan dapat berkeliling dengan menyewa perahu nelayan setempat. Di sepanjang sungai tersebut, pengunjung dapat melihat air Sungai Bodo yang tenang, rimbunnya pohon payau di tepian sungai, dan lebatnya pohon jati milik Perum Perhutani yang tampak tertata rapi dan menghijau. 

Hutan Wisata Logending merupakan kawasan hutan jati milik Perum Perhutani Kedu Selatan yang berada di dekat pantai tersebut. Hutan ini terletak beberapa puluh meter dari pantai. Di dalam hutan ini terdapat berbagai macam tumbuhan yang merupakan tanaman lokal maupun mancanegara yang tergolong langka. Salah satu tumbuhan yang tergolong langka yang terdapat di dalam hutan ini adalah mahoni Afrika. Tumbuhan ini jarang terdapat di hutan-hutan lain di Indonesia.
Karena itu, kemudian area hutan ini dijadikan sebagai tempat penelitian tanaman langka dan sekaligus pengembangan mahoni Afrika. 

Wisata sejarah di Pantai Logending diwakili adanya bekas peninggalan berupa benteng yang terletak di tepi pantai maupun di atas pegunungan Logending.
Menurut cerita masyarakat, Pantai Ayah dan Hutan Logending pada zaman dulu pernah dijadikan sebagai tempat pengintaian dan pos penjagaan oleh tentara Belanda maupun Jepang sewaktu menjajah di Indonesia. Ketika terjadi peperangan, kawasan Hutan Logending ini juga pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian para pejuang TNI saat mempertahankan Wilayah Kebumen. 

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di obyek wisata ini, dapat mendirikan tenda-tenda perkemahan di lokasi perkemahan Perum Perhutani yang terletak di kawasan hutan jati tersebut. Area perkemahan yang luas, bersih, dan sejuk ini memang diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin berkemah sambil berwisata.

selain itu, di kawasan obyek wisata Pantai Ayah terdapat berbagai fasilitas lain di antaranya area tempat bersantai, parkir luas, mushala, penginapan, sarana permainan anak, tempat persewaan perahu, pusat pelayanan informasi wisata, dan lain–lain.
Terdapat juga warung-warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, suvenir (kerajinan anyaman pandan, kerajinan kulit kerang berupa kalung gelang dan lain sebagainya), dan pedagang ikan laut yang menjajakan ikannya dalam kondisi masih segar.

Lihat Peta Lebih Besar
Untuk menuju obyek wisata ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi (mobil), maupun sarana angkutan umum (bus) dari Kebumen. Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Kebumen, akan menempuh jarak kurang lebih 20 km sampai ke lokasi obyek wisata Pantai Ayah ini. Namun, bagi pengunjung yang ingin naik angkutan umum (bus), perjalanan dapat dimulai dari Terminal Kebumen. Dari terminal ini banyak bus yang melewati obyek wisata tersebut dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar