APA AJA YANG SAYA SUKA^_^;v

Kebumen : The Java Natural Tourism Spot- Geotourism Karangsambung- Beaches and Caves- Friendly Peoples- Central Java,Indonesia

Sabtu, 08 Oktober 2011

Tips Aman Buat Vixion, Satria and Sejenisnya

Malam Jumat kemaren jadi malam kelabu buat penghuni kos Perumda 83 Tembalang, dua motor Sport raib seketika. Yamaha Vixion and Satria FU Raib antara pukul 04.30-06.00. Padahal si Vixi diparkir ditengah-tengah, diapit motor motor-motor lain. Eh, motor yang lain malah cuma digeser. Yang lebih mengherankan, dua motor yang ada di luar malah adem ayem aja alias ga diganggu.

Dari situ saya mengambil kesimpulan bahwa maling lebih senang mengambil motor-motor tipe sport. Ya memang harga jual kembalinya juga jauh lebih tinggi sih. Nah celakanya, biasanya kunci kontak dari motor-motor tipe sport yang banyak digandrungi (dari Yamaha dan Suzuki) ini lebih gampang dijebol daripada motor-motor Honda.

Namun demikian, sebenarnya pabrikan sebenarnya sudah menerapkan sistem pengamanan ekstra untuk motor-motor yang dianggap rawan tersebut. Tapi terkadang, sang pemilik motor malah tidak mengetahuinya dan menghiraukan alat pengaman ekstra ini. Kita ambil Vixion yang mempunyai kunci pipih tanpa magnet, hal ini jelas menjadi target yang empuk bagi maling.
Tapi ingat, Pabrikan sudah memberikan berbagai alternatif pengaman untuk motor-motor sejenis (Mio, Satria, Jupiter, dkk.)

So, ini dia tips sederhana biar motor sejenis lebih aman saat anda tinggal...

Pakai Kunci Standar Tengah
Motor Yamaha dan Suzuki yang tidak memiliki Kunci Magnet pasti memiliki alat pengaman ekstra berupa lubang kunci di standar tengahnya, perhatikan gambar

Yang kayak gini bro (Pict. Vixion)

Ok, cek motor anda...
Masukin gembok...
Gemboklah lubang standar tengah anda menggunakan gembok baja, hal tersebut akan menghambat maling beraksi, karena untuk membukanya akan sangaaaat sulit.
Done....

Manfaatkan Fungsi LAS pada Motor Anda

Ini kalau ente saking ga punya duitnya buat beli Gembok. Untuk tipe sport(gambar Vixion) buka jok motor anda dan perhatikan gambar berikut.
Copot alat yang ditunjuk dan miringkan, terserah posisinya mau gimana, yang jelas tulisan yang diatasnya harus anda miringkan pada sudut curam. Oia, LAS sendiri adalah Lean Angle sensor, apa itu? anda cari tahu sendiri ya MySpace

Tutup jok, motor anda tidak akan bisa dihidupkan.

Ok, selain alternatif diatas, masih banyak lagi yang bisa anda lakukan untuk menunjang keamanan, seperti melepas sekring pada motor-motor injeksi, dijamin ga bakal hidup tuh motor (not Recomended for non-Injection : PERCUMA)

Berikut hal-hal umum lain yang bisa anda lakukan supaya motor lebih aman...
1. Memasang Kunci Cakram
2. Memasang Kunci Velg/ Kunci Garpu Depan
3. Mencopot Tutup Busi
4. Menggunakan kunci Rahasia ( INVI2U, dsb.)
5. Memasang alarm Motor ( paling 300.00an)
6. Mengaplikasi Kunci Magnetis
7. Beli Motor yang ada kunci Magnetisnya

Ok, cukup sekian tips dari saya buat temen-temen. yang jelas hal diatas hanya sanggup mengurangi resiko tindakan pencurian kendaraan bermotor, tidak bisa full mencegahnya. Model gembok apapun pasti bisa dibuka maling.
Gembok juga pasti ga kuat kalau si maling pake mobil box.
So, WASPADALAH.... WASPADALAH!!!!!
Thanks for Erwin SpidlovaMySpace for the info and Picture
MySpaceSemoga bermanfaat....MySpace

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar